Langsung ke konten utama

PERADABAN MOHENJODARO HARAPPA

GEOGRAFIS INDIA

BATAS-BATAS WILAYAH
Utara  :   Cina (pegunungan himalaya), Nepal dan Bhutan
Selatan  :   Sri lanka
Barat  :   Pakistan dan Laut Arab 
Timur  :   Myanmar dan Bangladesh

Peradaban Lembah Sungai Indus
Peradaban Lembah Indus diperkirakan sekitar 2500 SM di bagian barat dari Asia Selatan, sekarang adalah di Pakistan dan India barat.
Kebudayaan kuno India ditemukan di kota tertua India yaitu daerah HARAPPA dan MOHENJO-DARO.
Kontras dengan peradaban lainnya, kuburan di kota ini tidak indah, lebih sederhana , ini bukti bahwa dalam peradaban ini tidak ada kelas-kelas sosial.
Tidak ada bukti yang menunjukkan aktivitas militer, ada kemungkinan bahwa Harappa peradaban yang damai




Peradaban Lembah Sungai Indus

Peradaban Lembah Indus diperkirakan sekitar 2500 SM di bagian barat dari Asia Selatan, sekarang adalah di Pakistan dan India barat.
Kebudayaan kuno India ditemukan di kota tertua India yaitu daerah HARAPPA dan MOHENJO-DARO.
Kontras dengan peradaban lainnya, kuburan di kota ini tidak indah, lebih sederhana , ini bukti bahwa dalam peradaban ini tidak ada kelas-kelas sosial.
Tidak ada bukti yang menunjukkan aktivitas militer, ada kemungkinan bahwa Harappa peradaban yang damai


PUSAT PERADABAN

Peradaban lembah sungai indus diketahui melalui penemuan penemuan arkeologi di Kota Harappa dan Kota Mohenjodaro.
Kota Mohenjodaro diperkirakan sebagai ibukota daerah lembah sungai indus bagian selatan sedangkan kota harappa sebagai ibukota lembah sungai indus bagian utara.
Mohenjodaro dan harappa lah yang men

jadi pusat peradaban pada saat itu



PEMERINTAHAN
Sistem pemerintahan pada masa itu belum diketahui secara pasti.
Banyak para arkeolog memperkirakan kalau sistem pemerintahan yang dianut oleh bangsa ini ialah  Sistem pemerintahan berbentuk kerajaan. Mohenjodaro Harappa dipimpin oleh seorang raja yang didampingi oleh penasehat-penasehatbaik di bidang politik maupun keagamaanKekuasaan berada sepenuhnya di tangan raja dan diwariskan kepada keturunannya yang laki-laki

KONSEP KEPERCAYAAN

Tidak banyak yang diketahui tentang agama dari peradaban ini. Tidak seperti Mesopotamia atau Mesir yang berlimpah candi atau altar, tak satupun yang bisa dianggap menyerupai sebuah candi atau apapun yang melibatkan masyarakat dengan ibadah.
Namun, sejumlah tokoh di berbagai ukiran dan patung mewakili beberapa jenis ibadah. Ada wanita seperti dewi, lelaki yang memiliki kepala dengan tanduk lembu.
Dari berbagai benda seni itu, tampak seolah-olah orang Harappa menyembah benda atau alam animistik, namun ini baru terkaan sementara.

TEKNOLOGI
Sudah menggunakan sistem sanitasi yang sudah baik
Tata letak kotanya tersusun secara rapi.

Sudah mengenal sistem bertani dan berdagang




SISTEM PERTANIAN & PENGAIRAN

Daerah lembah sungai indus merupakan daerah yang subur, yang mengakibatkan mata pencaharian utama masyarakat harappa adalah bertani.
Pada perkembangan selanjutnya, masyarakat telah berhasil menyalurkan air yang mengalir dari lembah sungai indus jauh ke daerah pedalaman.
Pembuatan irigasi menunjukkan peradaban ini telah memiliki peradaban yang tinggi.
Hasil pertanian yang utama adalah padi, gandum, gula/tebu, kapas, teh, dan lain-lain.

PENINGGALAN ARSITEKTUR

1. Saluran Air di Harappa

  Saluran pembuangan limbah dari kamar mandi dan jamban dihubungkan lansung dengan saluran umum yang dibangun dan dialirkan ke bawah jalandimana setiap lorong terdapat  saluran air yang mengalir kesungai.




GREAT BATH

2. Great Bath (Pemandian Umum)


Terletak di kota Mohenjodaro
Merupakan tempat ritual keagamaan
Sebelum menghadap dewanyabiasanya masyarakat membersihkan diri(mandidi pemandian umum.


CITADEL

3Citadel

Citadel Mohenjodaro terletak di tengah (pusatkotauntuk tempat kegiatan keagamaan dan pemerintah
Citadelnya meliputi tangkipemandian umum granary (lumbung raksasa) assembly hall (ruang raksasa), dan struktur kediaman yang besar.


 MINIATUR RUMAH MASA MOHENJODARO



POLA PENATAAN KOTA
- Disinilah mereka membangun    rumah dan gedung tempat menjalankan pemerintahan

Tiap rumah mempunyai sumur, KM dan selokan  untuk pembuangan air

Gedung dibuat dari batu bata yang baik mutunyadengan denah simetris (persegi

Bangunan dilengkapi dengan dengan pipa dan tanah liat

KEHANCURAN MOHENKODARO &HARAPPA

Penyebab kehancurannya tidak tentu. Satu teori menunjukkan bahwa orang Arya bermigrasi ke daerah ini dengan kekerasan, membunuh para penduduk dan membakar kota.
Namun, teori lain mengatakan bahwa peradaban ini mulai menurun sebelum tibanya orang arya. Penduduk di lembah indus buyar sebelum orang arya masuk ke wilayah lembah sebagai pengembara. Orang arya mengambil wilayah ini sejak sebagian besar penduduk sebelumnyamenyingkir karena masalah pertanian, erosi tanah, penipisan lapisan tanah akibat banjir.


KESIMPULAN
Peradaban Harappan Mohenjodaro terletak di lembah sungai indus. Teori arsitektur pada peradaban ini belum bisa dirumuskan, yang tersisa adalah sisa-sisa reruntuhan masa lalu yang menunjukkan tata kota yang sangat terencana dan maju, rancang bangun serta reruntuhan Harappa dan Mohenjodaro, namun sebagian besar masih merupakan teka-teki bagi para ilmuwan dimana kemajuan ilmu dan teknologi sangat tinggi dibandingkan jamannya.




Postingan populer dari blog ini

Arsitektur Cina

Sejarah Singkat Cina negara besar di bagian timur Benua Asia yang tergolong paling tua peradabannya.Orang cina menyebut Negaranya Chung-Kuo,yang artinya negara pusat .mungkin karna nenek moyang bangsa menganggap dirinya pusat dunia,geografis dan peradaban.             Beijing adalah Ibukota Republik rakyat Cina,sebagai pusat kegiatan politik,ekonomi,dan budaya.Wilayah seluas 16.808 km 2 ini berpenduduk 11 juta jiwa.selama 3000 tahun,sekitar 2600 kuil dan 24 reruntuhan bangunan kuno yang menjadi kunci sejarah budaya,tetap terpelihara di sini.             Peninggalan sejarah tertulis berasal dari sekitar 3500 tahun lalu.Orang Cina yang pertama kali mengembangkan Kompas,Mesiu,Kertas,Porselen dan Pakaian dari Sutera. Tinjauan umum tentang kebudayaan cina a. Mata pencaharian    - Perairan,mata pencaharian penduduk nelayan    - Pemukiman & Adat,mata pencahariannya berdagang.    - Pedesaan,mata pencahariannya bercocok tanam. untuk download file lengkapny

ARSITEKTUR BYZANTIUM

ARSITEKTUR BYZANTIUM (330 –1453 M Ruang Lingkup Bahasan Arsitektur Byzantium : *Setting Geografis Byzantium *Ciri-ciri Umum Arsitektur Byzantium *Sistem Kebudayaan, Kepercayaan, Pemerintahan dan Hukum, Pendidikan dan Ekonomi *Karya-karya Arsitektur Byzantium *Pola Penataan Kota Byzantium Byzantium terletak di batas Eropa dan Asia, baik di darat sebagai salah satu jalur sutra maupun di laut antara laut tengah dengan laut hitam dan dianggap sebagai titik terbaik, sebagai pusat kebudayaan dunia, setidaknya pada kondisi geopolitik saat itu. Ciri-ciri Umum Arsitektur Byzantium 1. Tumbuh dari  berbagai dasar dan akar kebudayaan, antara lain : *Gaya klasik seni Romawi-Hedonis yang  berbau keagamaan. *Budaya pembuatan makam bawah tanah gereja Kristen romawi dari abad II dan III. 2. Bentuk bangunan terpusat *Bentuk bangunan terpusat ini di spesifikasikan pada pola pengaturan ruang (organisasi ruang). *Organisasi terpusa